Jumat, 02 April 2010

Brief Fundamental Factor Stodex Futures 02 Apr 2010.

MENINGKATNYA PERMINTAAN, PABRIKAN GLOBAL DONGKRAK PRODUKSI.

Pabrik-pabrik di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia meningkatkan produksinya pada bulan lalu, meyakinkan pemulihan dari resesi mendalam mengakar dalam ekonomi di seluruh dunia. Sector manufaktur Amerika meningkat dengan pertumbuhan tercepat selama lebih dari lima tahun pada bulan lalu dan aktivitas di Eropa melambung lebih tinggi dengan murahnya euro yang membantu menstimulir ekspor. Manufaktur Inggris meningkat dengan percepatan tertinggi sejak 1994, sementara sector industri China juga tumbuh pada bulan Maret lalu. Data tersebut meyakinkan bahwa pemulihan ekonomi global mencapai sebuah fase dimana masing-masing Negara dapat mendukung dirinya sendiri yang berarti kecil kemungkinan untuk kembali kedalam resesi. Jika kita menunggu beberapa bulan lagi kita akan menemukan bahwa pemulihan sangat cepat.

Manufaktur Amerika tumbuh dengan pertumbuhan tercepat selama lebih dari lima tahun pada bulan Maret, mengangkat rintangan Amerika telah beranjak menuju ekspansi ekonomi. The Institute for Supply Management’s factory index meningkat menjadi 59.6, level tertinggi sejak Juli 2004 dan melebihi perkiraan sangat optimis dalam survey Reuters yang memperkirakan indeks pabrikan akan meningkat menjadi 57.0 dari 56.5 pada bulan Februari. Nilai indeks lebih besar dari 50 mengindikasikan pertumbuhan.

Chris Low, kepala ekonom di FTN Financial di New York menyatakan data tersebut meyakinkan bahwa Federal Reserve kemungkinan perlu untuk mulai mengangkat suku bunga lebih tinggi akhir tahun ini. “Ini merupakan semacam kekuatan manufaktur yang konsisten dengan pemulihan ekonomi untuk membuat cukup pekerjaan yang memberi ruang bagi the Fed untuk menaikan suku bunga pada kuartal keempat apabila peningkatan tersebut berlanjut,” tutur Low. Suku bunga Amerika saat ini berada pada area nol dan bank sentral berjanji untuk mempertahankannya tetap rendah sementara mereka memonitor kekuatan pemulihan.

Aktivitas manufaktur di Uni Eropa tumbuh lebih cepat dibanding yang diperkirakan sebelumnya, dengan Market’s Purchasing Manager’s Index (PMI) untuk wilayah tersebut melonjak menjadi 56.6 pada bulan Maret dari 54.2 pada bulan sebelumnya. Di Jerman, ekonomi terbesar diantara 16 negara Uni Eropa, aktivitas manufaktur tumbuh pada kecepatan yang tidak nampak selama hampir 10 tahun. Perancis, ekonomi terbesar kedua, menyatakan sektor manufakturnya meningkat pada percepatan yang tidak nampak sejak November 2006. Di luar wilayah Uni Eropa, aktivitas manufaktur Inggris tumbuh bulan lalu pada percepatan tertinggi sejak Oktober 1994, namun perusahaan-perusahaan terus memangkas tenaga kerjanya dengan maksud untuk mereduksi biaya operasional.

Nick Kounis, ekonomi di Fortis Bank di Amsterdam menyatakan: “Kita melihat booming perdagangan dunai pulih sangat cepat. Pasar berkembang memimpin di depan namun pasar yang telah tumbuh saat ini juga meningkat. China, pasar berkembang terbesar dunia, menunjukan indeks manajer pembelian pemerintah meningkat pada bulan Maret, mematahkan ekspektasi dan menunjukan pertumbuhan kuartal pertama yang lebih cerah bagi ekonomi terbesar ketiga dunia tersebut. PMI dari survey paralel HSBC/Market meningkat menjadi 57.0, level tertinggi ketiga dalam enam tahun sejarah survey, dari 55.8 pada bulan Februari. Nilai indeks di atas 50 berarti aktivitas meningkat. Kuatnya pertumbuhan ekspor dan berlanjutnya ekspansi sector pabrikan menunjukan akselerasi dalam produksi industri dan kemungkinan di atas 11% pertumbuhan GDP pada kuartal pertama, tutur Qu Hongbin, kepala ekonom dari China di HSBC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar